JabarRegionalSukabumi

Triwulan Pertama Harus Selesai, Bapemperda DPRD Kota Sukabumi Harus Tuntaskan Usulan Tiga Raperda

SUKABUMI, MBInews.id – Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Sukabumi Mulyono secepatnya akan lakukan pembahasan tiga raperda yang sudah dijadwalkan di triwulan pertama. Yakni, raperda cagar budaya dari Dinas Pendikan, kemudian tata kelola sistem pemerintahan berbasis elektronik di lingkungan pemkot Sukabumi, dan yang ketiga raperda inisiatif dari komis I tentang protokoler.”Harus selesai di triwulan pertama, terutama raperda usulan dari dewan, sebab itu merupakan roh nya dewan,”ujar Mulyono. Senin, (27/01/2020).

Kepastian tersebut lanjut Mulyono, karena ketiga raperda itu saat ini tengah dilakukan penyusunan naskah akdemik (NA) nya, sambil menunggu permendagri terkait protokoler.”NA nya sedang disusun, jadi yakin di triwulan pertama sudah tuntas,”tuturnya.

Berkaitan dengan anggaran, Mulyono juga mengungkapkan, jika pembuatan perda itu memang butuh anggaran yang cukup besar, mengingat saat ini setiap raperda harus ada NA. Dan NA itu harus ada advice dari pakar yang cukup membutuhkan anggaran yang besar.”Advice dari pakar itu harus kerjasama dengan Perguruan Tinggi. Dan anggarannya memang ada dan itu ada disekrektariat DPRD. Tapi ukuranya juga harus jelas,”tuturnya.

Mulyono mengungkapkan, di tahun 2020 ini ada sebanyak 14 raperda yang harus dituntaskan di tahun 2020. Dari jumlah tersebut 11 dari pemda dan 3 lagi dari usulan DPRD.”Tahun ini ada 14 yang harus kita bahas dan rampung menjadi perda,”pungkasnya.(ardan/mbi)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button