Sorgum Langkah Solutif Untuk Kebutuhan Ponpes Alfath – mbinews.id
PendidikanSukabumiTNI/POLRI

Sorgum Langkah Solutif Untuk Kebutuhan Ponpes Alfath

Santani Ponpes Alfath Bersama Polres Sukabumi Kota Menanam Sorgum dan Herbal

SUKABUMI, MBInews.id – Santri tani (Santani) milenial Pondok Pesantren Alfath Kota Sukabumi dengan kepolisian Polres Sukabumi Kota menanam Sorgum dan tanaman herbal dilahan waqaf yang berlokasi di perbukitan di Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi. Sabtu (24/10/20).

Pimpinan Pondok Pesantren Alfath KH. Fajar Laksana mengatakan, penanaman tersebut dalam rangka ketahanan pangan dalam rangka efisensi untuk kebutuhan di ponpesnya sendiri.

” Dilahan tidur yang luasnya 1,3 hektar ini kita menanam Sorgum, ini merupakan efesiensi untuk mencukupi kebutuhan pondok, karena kebutuhan Ponpes sendiri sebulan 3000 Kg dengan dana Rp60 jutaan untuk makan saja,” katanya.

lanjut Fajar Laksana “Jadi kedepannya bisa efesiensi sampai Rp50 Jutaan sebulan, karena mengganti menyilang makanan beras dengan Sorgum,” ucapnya.

Menurut Fajar Laksana, Sorgum memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Untuk daunnya bisa untuk pakan ternak, bijinya bisa pengganti beras sedangkan batangnya bisa dibuat jus seperti batang tebu manis dan bisa dijadikan obat.

” Dari 1,3 hektar ini sekali panennya bisa mencapai 6300 ton pertiga bulan, nilai ekonominya sangat tinggi, sementara biayanya pun sangat murah 1 hektar hanya Rp8.600,00hasilnya panennya bisa mencapai Rp.18.900.000, dalam pertiga bulannya. Apalagi dalam sekali tanam Sorgum ini bisa tiga kali panen” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni mengatakan, pemberian benih Sorgum kepada Ponpes Alfath sebagai bentuk dukungan dalam pengembangan zona ketahanan pangan, untuk membangun, meningkatkan dan mempertahankan ketersediaan pangan utamanya di masa pandemi covid-19.

” Semoga yang kami berikan hari ini bisa memberi bermanfaat dan memberikan keberkahan bagi kita semuanya,” singkatnya. (Dian/Mbi).

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button