Pemkot Sukabumi Makin Gencar Lakukan Vaksinasi – mbinews.id
JabarPemerintahanRegionalSukabumi

Pemkot Sukabumi Makin Gencar Lakukan Vaksinasi

SUKABUMI, Mbinews.id – Pemerintah Kota Sukabumi terus menggencarkan langkah langkah percepatan dalam pencapaian herd immunity, atau kekebalan tubuh dalam mencegah penyebaran Covid-19, Selasa (23/11/2021).

“Vaksinasi ini menjadi salah satu upaya mengejar herd Immunity di tengah masyarakat,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi Lulis Delawati.

Berdasarkan data pada tanggal (18/11/2021), capaian vaksinasi di Kota Sukabumi untuk dosis sat sudah mencapai 90.31 persen, atau sejumlah 243.692 orang telah di vaksin dosis satu. Sedangkan dosis dua, capaian saat ini sudah di angka 50.49 persen atau ssama dengan 136.245 orang yang sudah melakukan vaksinasi dosis satu dan dua.

“Data ini mengarah untuk terwujudnya herd immunity terhadap covid019 di Kota Sukabumi segera terbentuk,” ujarnya.

Namun kata Lulis capaian vaksinasi belum bisa dijadikan dasar tunggal terbentuknya herd Immunity. Lantaran, harus dilihat pula pada CT value (cycle threshold value) dan positivity rate kasus Covid-19. Di mana data juga menunjukkan bukti sudah terbentuknya herd immunity.

Dijelaskan Lulis, rata-rata kasus Covid-19 yang ditemukan saat ini CT value-nya di atas 35. Angka tersebut terbilang tinggi dalam artian virus dalam tubuh manusia berjumlah sedikit dan bisa dikarenakan efektifitas vaksinasi.

“Sementara untuk positivity rate, di Kota Sukabumi saat ini mencapai angka 0,47. Sehingga dimungkinkan herd immunity di Kota Sukabumi sudah terbentuk akan tetapi belum optimal,” jelasnya.

Kondisi belum optimal ungkap Lulis, akibat capaian vaksinasi dosis kedua belum melebihi 60-70 persen dari target. Pencapaian dosis kedua baru sekitar 50.35 persen.

Oleh karenanya lanjut Lulis, dinkes mengajak masyarakat segera mengikuti vaksinasi dosis kedua ini. Apalagi, warga harus tetap waspada karena pandemi belum usai dan ada ancaman varian baru. M. Satiri/Mbi

Baca juga :   Tandamata untuk Negeri, BCL Hibur Para Penggemar Lewat Konser Virtual bank bjb
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button