banner 728x250

SELAMAT HUT Kabupaten Bandung ke- 381, Dengan Slogan BEDAS, Berikut Program Bupati Bandung

banner 120x600
banner 468x60

KAB. BANDUNG, MBInews.id -Setelah dilantik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Genap satu tahun kepemimpinan Bupati Dadang Supriatna dan pada 26 April 2022 Kabupaten Bandung akan berusia 381 tahun.

Bupati Bandung Dadang Supriatna merupakan kado terindah bagi Kabupaten Bandung di ulang tahunnya yang ke 381 tahun. Kenapa demikian?

banner 325x300

Karena saat ini Kabupaten Bandung memiliki Bupati yang begitu dekat dengan rakyatnya, selalu terjun ke lapangan, konsisten dengan janji janji politiknya.

Kang DS sapaan akrabnya telah menjalani berbagai program sesuai dengan Visi dan Misinya yaitu, terwujudnya masyarakat Kabupaten Bandung yang Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis, dan Sejahtera atau yang disingkat menjadi BEDAS

Sebanyak 17 ribu guru ngaji di Kabupaten Bandung menerima insentif sebesar Rp 534.800 per bulan termasuk BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan satu keluarga sebanyak 4 orang. Program  pemberian bantuan tanpa bunga yang disalurkan di setiap RW hingga peningkatan kesejahteraan Linmas dan para guru honorer.

Selain program Pendidikan muatan lokal, Kang DS juga mengagas program Desa Wisata dalam pengembangan budaya lokal agar tetap lestari dan membuat warganya bangga menjadi urang sunda.

Dengan slogan BEDAS, Program kerja yang dilakukannya itu berisikan kolaboratif, nasionalis, agamis, budaya, serta sosial, sehingga kehidupan masyarakat Kabupaten Bandung.

Bupati kabupaten Bandung yang bekerja hampir 24 jam tiap harinya guna mencapai target pembangunan di Kabupaten Bandung. 

Program lainnya. Pemerintah Kabupaten Bandung luncurkan Kartu Tani Si BEDAS untuk 40 ribu petani dan 42 ribu petani program pemerintah pusat di wilayah Kabupaten Bandung.

Kartu Tani merupakan salah satu solusi untuk membangkitkan semangat para petani dalam rangka melaksanakan kegiatan pertanian.

“Kartu Tani Si BEDAS ini merupakan salah satu program yang menjadi visi misi dan janji politik saya yang disampaikan pada waktu Pilkada Bandung 2020 lalu.

Ini adalah untuk menjawab, apa yang telah saya sampaikan kepada masyarakat Kabupaten Bandung,” jelas Dadang Supriatna kepada wartawan usai peluncuran Kartu Tani Si BEDAS,  di Gedung Oryza Sativa Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, Soreang, pada tanggal 22 Juli 2021.yang lalu

Disampaikan Dadang Supriatna, Kartu Tani Si BEDAS atau Sistem Bertani Dengan Agro Solution merupakan salah satu solusi untuk membangkitkan semangat para petani dalam rangka melaksanakan kegiatan pertanian.

“Peluncuran Kartu Tani Si BEDAS ini kerjasama dengan Bank BJB, karena kartu tani ini berupa ATM, itu nanti bisa kerjasama dengan Obtaker, sehingga uangnya nanti bisa disimpan di rekening kartu tani si BEDAS dan juga ada program kita dari pemerintah daerah. Chip-nya ada di kartu tani tersebut,” kata Bupati Bandung.

Selama 1 tahun dibawah kepemimpinan Bupati Bandung, Dadang Supriarna mengatakan “wilayah kabupaten akan melakukan pembangunan  17 titik pembangunan sekolah baru, yaitu 16 bangunan SMP dan 1 SD, yang sudah siap untuk tahun ini sekitar 12 titik.,”kata Kang DS

Baru meninjau 6 titik, sisanya nanti menyusul akan saya monitor juga. 12 lokasi ini akan dilakukan pembangunan SMP, sementara 5 pembangunan lainnya akan kita anggarkan di 2022,” ungkap Bupati Dadang Supriatna di sela kegiatan peninjauan di kawasan Komplek Bumi Parahyangan Kencana, Soreang, Kamis (7/9/2021)).

Pria yang akrab disapa Kang DS itu menilai, ada beberapa lokasi yang bisa diintegrasikan dengan bangunan SMA. Karena dirinya pun memiliki rencana membangun SMA. Hal itu diperlukan untuk meningkatkan angka rata-rata lama sekolah (RLS) di Kabupaten Bandung.

Untuk tahun ini, tutur Kang DS, di setiap lokasi akan didirikan 1 unit sekolah untuk 1 rombongan belajar (rombel) terlebih dahulu. Apabila penyerapan siswa siswinya banyak, maka ke depan akan dilakukan penambahan ruangan lagi.

“Mulai minggu depan, Insyaa Allah pembangunan di 12 lokasi ini bisa dimulai. Ditambah nanti dengan adanya program beasiswa, saya optimis di 2023, rata-rata lama sekolah kita minimal di angka 10 tahun bisa direalisasikan,” tandas Kang DS.

Secara keseluruhan, lanjutnya, anggaran yang akan dikeluarkan untuk pembangunan 12 SMP baru tersebut berkisar di 3,4 miliar. Sementara untuk pengadaan guru dan tenaga kependidikannya, akan disesuaikan.

Namun pada tahun 2022 ini Kabupaten Bandung juga akan membangun dua lokasi rumah sakit di dua tempat di Kecamatan Kertasari dan Cimaung dari 5 rumah sakit yang akan dibangun semasa pemerintahan Bupati Dadang Supriatna .

Saat ini, kata Bupati, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi jutaan warga Kabupaten Bandung dibutuhkan 3.600 ruang rawat inap dan saat ini baru memiliki 1.500 ruang rawat inap baik yang kelola oleh rumah sakit milik pemerintah maupun swasta.

Jelang HUT Kabupaten Bandung yang ke-381. Bupati Bandung, Dadang Supriatna akan melaunching pembangunan Danau Tegalluar. Senin 18 maret 2022, pukul 08.00 di Halaman SMAN 1 Bojongsoang, Desa Tegalluar, Kabupaten Bandung.

Program lainnya Launching pembangunan Danau Tegalluar, Bupati Bandung, H.M Dadang Supriatna biasa disapa Kang DS mengatakan pembangunan Danau Luar dengan tujuan untuk menghindari terjadinya banjir jika hujan turun di Wilayah Tegalluar Bojongsoang.

“Bahwa pembangunan Danau Tegalluar, sudah disetujui dan mendapatkan restu dari kementrian saat berkunjung ke Wilayah Ini,’ Kata Kang DS

Selain itu program lainnya:

– pemberian Insentif Pajak Daerah Kabupaten Bandung.
– Indek Pembangunan Manusia (IPM) Rata-rata 72.5
– Program perbaikan Rumah tidak layak huni (RUTILAHU )
– Program Ruang Pelayanan Paspor di MAL Pelayanan.
– Program Penanganan 7 Titik Blankspot
– Program Penangan Banjir di Kabupaten Bandung.

Selamat bekerja untuk Pak Bupati dan selamat HUT ke 381 untuk Kabupaten Bandung. Semoga di bawah komando Pak Bupati Dadang Supriatna akan semakin maju dan sejahtera masyarakatnya.***

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.