banner 728x250

Dukung Pulihkan Sektor Wisata, PLN Tambah Infrastruktur Kelistrikan di Pelabuhan Ratu

banner 120x600
banner 468x60

SUKABUMI,Mbinews.id– Dukung pemulihan sektor pariwisata, PT PLN (Persero) berhasil mengoperasikan infrastruktur kelistrikan berupa Extension Trafo 2 pada Gas Insulated Switchgear (GIS) Pelabuhan Ratu.

Dengan adanya Extension Trafo 2, GIS Pelabuhan Ratu saat ini mengoperasikan 2 trafo dengan masing-masing kapasitas sebesar 60 Mega Volt Ampere (MVA). Sebelumnya, GIS Pelabuhan Ratu hanya memiliki satu trafo dengan kapasitas 60 MVA.

banner 325x300

General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah, Tejo Wihardiyono mengatakan, penambahan infrastruktur kelistrikan ini merupakan komitmen PLN untuk menghadirkan listrik yang andal bagi pelaku bisnis wisata dan masyarakat.

“Setelah 2 tahun terpuruk akibat pandemi Covid-19, masyarakat mulai berbenah kembali memasuki fase pemulihan ekonomi. Beroperasinya Extension Trafo 2 ini akan meningkatkan cadangan daya kelistrikan sebesar 60 megawatt (MW) dengan total daya mampu disalurkan 715 MW, sehingga peluang penambahan daya atau pelanggan baru dapat dipenuhi,” terang Tejo, dalam pres releasnya. Selasa, ((16/8/2022).

GIS Pelabuhan Ratu sendiri memasok kebutuhan listrik untuk wilayah Kabupaten Sukabumi yang terkenal dengan pariwisatanya. Seperti, Kawasan Cagar Alam Budaya Geopark Ciletuh yang sudah ditetapkan UNESCO sebagai geopark kelas dunia, lalu wisata pantai di Pelabuhan Ratu hingga Cisolok.

Tejo menambahkan dengan hadirnya Extension Trafo 2 maka beban kelistrikan di GIS Pelabuhan Ratu yang semula 54 persen berkurang menjadi 27,13 persen.

“Beroperasinya Extension Trafo 2 akan membuat listrik di Kabupaten Sukabumi menjadi lebih andal, karena GIS Pelabuhan Ratu memiliki cadangan beban yang lebih besar yaitu sebesar 72,87 persen,” terang Tejo.

Sebagai informasi, sebanyak 50 personel dikerahkan untuk pekerjaan penambahan Extension Trafo 2 GIS Pelabuhan Ratu ini. Adapun nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk proyek ini sekitar 40 persen.

Sebagai informasi, PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.ardan/wan/mbi

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.