Cimahi & KBB

Kelurahan Karangmekar Gelar Gebyar Pemberian Vitamin A

Mbinews.id, Cimahi– Pemberian kapsul vitamin A bagi balita ini rutin dilaksanakan 2 kali setiap tahun, yaitu pada bulan februari dan agustus. Pada kedua bulan ini dilakukan pembagian suplementasi vitamin A pada anak umur 12-59 bulan. Sekitar 33.000 anak di Kota Cimahi menjadi sasaran pemberian vitamin A yang dilakukan secara serentak di 15 kelurahan yang ada di Kota Cimahi, Senin (19/8/2019).

Gebyar Pemberian Vitamin A di Kelurahan Karangmekar Cimahi Tengah dari 17 RW hanya dua RW yang belum melakukan pemberian Vitamin A. Hal ini dsampaikan Lurah Karangmekar M Nur Efendi pada saat memberikan Vitamin A di lokasi RW 12 Karangmekar.

“usia anak dari 0 – 5 mencapai 67 kemudian 6 – 11 mencapai 89 sedangkan usia anak 12 – 59 mencapai  557/483 sama dengan 83,7%,”jelas M Nur.

Dilain pihak, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Chanifah Listyarini mengatakan, sasaran pemberian Vitamin A di wilayahnya kurang lebih 33.000 anak usia 6 bulan sampai 59 bulan.

“Serentak dilaksanakan hari ini, dan hari-hari berikutnya adalah sweeping. Targetnya adalah 100 % balita di Kota Cimahi ditimbang dan diberikan kapsul vitamin A,” katanya

Lanjut Rini sapaan akrab Chanifah Listyarini, untuk sweeping pihaknya akan menurunkan petugas dari puskesmas dan kader posyandu yang tersebar di 402 posyandu di Kota Cimahi.

Seperti diketahui, Vitamin A/retinol terlibat dalam pembentukan, produksi, dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh. Vitamin A juga dapat mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas

Kekurangan vitamin A meningkatkan risiko anak menjadi rentan terkena penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak dan diare. koes

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button