BANDUNG, MBInews.id – Gaet musisi, Produsen es krim terkemuka, PT Campina Ice Cream memperkenalkan pembaharuan Jingle Campina yang kali ini berkolaborasi dengan musisi Widi ‘Maliq & D’Essentials’ bertempat di Hotel Crowne Plaza, Bandung.(6/2/2020)Kamis malam
Bergelut di industri ice cream Tanah Air sejak tahun 1972. Brand Campina sendiri pertama kali memperkenalkan Jingle iklannya di tahun 1981 dengan diiringi musik yang memiliki ciri khas. Dan sejak saat itu Jingle Campina sudah mengalami 3 kali penggubahan atau re-arrangement yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman.
Demi menyesuaikan dengan kondisi era millenial saat ini, Campina yang senantiasa melakukan terobosan dan inovasi di segala bidang, kembali melakukan inovasi dan me-refresh brand image Campina menjadi lebih segar, muda, kekinian dan mengikuti zaman millenial
Perwakilan Campina, Mustofa Saadji sebagai Brand Manager “Sebagai brand kuliner, kami sadar untuk dapat selalu menjaga kestabilan brand awareness kami di masyarakat sehingga dari tahun ke tahun tetap menjadi top of mind masyarakat, khususnya untuk produk ice cream, meskipun era nya berubah.
Berbagai usaha secara rutin kami lakukan untuk melakukan peremajaan dan penyesuaikan dengan kondisi di setiap era.
Hal ini kami lakukan agar brand Campina semakin relevan dengan perkembangan gaya hidup masyarakat saat ini dan ke depan. Melalui pembaharuaan Jingle Campina, kami ingin memberikan penyegaran secara visual kepada konsumen setia dan penikmat ice cream di Indonesia, sehingga produk Campina masih dapat tetap bertahan dan di gemari masyarakat hingga sekarang”. Ucapnya
Ditambahkannya, “Saat ini, konsumen utama Campina adalah para generasi millanial dan zillenial maka dengan memperbaharui Jingle ini yang merupakan sebuah keniscayaan dimana era sekarang sudah jauh berbeda dengan era terdahulu dan kita tahu hampir 35% penduduk Indonesia adalah kaum millenial.
Oleh karena itu, jika kami tidak melakukan pembaharuan atau melakukan arrangement baru dalam komunikasi visual kami khususnya untuk target konsumen generasi millenial, sepertinya akan sulit rasanya Campina dapat di terima oleh generasi baru. Oleh karena itu, kami senantiasa melakukan berbagai pembaharuan, tak terkecuali pada cara komunikasi visual kami, agar brand Campina selalu up-to-date dan menjadi pilihan masyarakat di segala era”. Kata mustofa
Pihak Campina, yang diwakilin Mustofa menjelaskan lebih jauh bahwa pembaharuan yang dilakukan pada Jingle Campina itu bukanlah merombak secara keseluruhan Jingle yang sudah ada, tetapi lebih mendaur ulang Jingle yang sudah ada dengan beberapa bagian dari Jingle tersebut yang tetap di pertahankan dan beberapa bagian lainnya di tambahkan liriknya dan di re-make kembali musiknya.tuturnya
“Pengubahan Jingle lebih ke penyesuaian dengan materi komunikasi/mood atau ambience dari TVC yang kami usung mulai tahun 2020 ini, guna memberikan penegasan terhadap nilai-nilai perusahaan yang selalu berkomitmen dalam berinovasi serta menciptakan kesenangan dan kebahagiaan melalui produk-produk istimewa yang di buat dari bahan alami, higienis dan berkualitas kepada konsumen.
Kehadiran inovasi produk Campina sendiri dimaksudkan untuk membuat konsumen dapat lebih menikmati hidup yang sehat melalui kandungan nutrisi dan bahan-bahan bermutu di dalam produk ice cream serta menyebarkan kebahagiaan yang didapatkan ketika menikmati produk-produk Campina”, kata Mustofa Saadji
Dalam pembuatan pembaharuan Jingle ini, Campina berkolaborasi secara apik dengan musisi Widi Puradiredja yang merupakan salah satu personil grup band papan atas Indonesia, Maliq & D’Essential. Kepiawaian Widi yang juga berkecimpung sebagai pencipta Jingle beberapa brand ini terbukti dapat membuat Jingle Campina menjadi semakin catchy.
“Kami sangat antusias dan gembira dengan melakukan kolaborasi ini. Kami percaya berdasarkan pengalaman yang dimiliki Widi dalam menciptakan lagu dan juga me-remake lagu, ia mampu lakukan tanpa menghilangkan identitas dari brand yang sudah ada. Kami berharap hasil kolaborasi kreatif ini dapat di terima dan di sukai oleh konsumen setia Campina di seluruh Indonesia, sehingga dapat membawa perubahan yang lebih baik untuk Campina ke depannya”, ujar Bapak Tofa optimistis.
Widi sendiri merasa terhormat dapat di percaya untuk meracik ulang Jingle legendaris Campina. “Bagi saya, ini merupakan kehormatan yang besar akhirnya saya di percaya dapat meracik ulang Jingle dari brand ice cream legendaris ini.
Secara pribadi saya juga menyukai produk-produk Campina yang kerap dapat mendongkrak mood saya menjadi semakin baik dan menjadi panganan favorit, sehingga kesempatan untuk dapat meracik ulang Jingle nya tentu memberikan pengalaman yang mengesankan.
Setelah melalui beberapa diskusi yang dilakukan secara intensif dengan pihak Dwisapta selaku creative agency dari Campina, maka di kesempatan ini, saya persembahkan hasil kolaborasi dengan tim Campina dengan harapan Jingle Campina semakin gampang di kenang”, pungkas Widi. (Alfaz)