banner 728x250

Wow, Inovasi Baru Warga Gunakan Dana P2RW Untuk Pengadaan CCTV

Tangkapan layar CCTV yang berada di RW pada Kelurahan Gunungparang, Kecamatan Cikole.
banner 120x600
banner 468x60

SUKABUMI, Mbinews.id – Warga Kelurahan Gunungparang, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi memanfaatkan dana hibah stimulan dari Program Pemberdayaan Rukun Warga (P2RW) untuk pembelian kamera pengawas keamanan (CCTV). Hal tersebut dikatakan langsung oleh Camat Cikole Fitrya Kusnaningsih, saat ditemui di Kantor Kecamatan Cikole. Senin (08/08).

Dirinya mengatakan, memang sebelumnya ia sempat terkejut saaat melihat hasil rembuk warga terkait P2RW tahun 2022, di beberapa RW yang ada pada Kelurahan Gunungparang. Karena hasil rembuk warga yang didapat, dikatakan bahwa mereka menginginkan adanya pengadaan CCTV dari dana hibah P2RW.

banner 325x300

“Berdasarkan hasil rembuk warga di Kelurahan Gunungparang, memang terdapat 4 RW yang mengajukan pengadaan CCTV melalui P2RW tahun 2022. RW 01, RW 04, RW 07 dan RW 09, yang mengajukan pengadaan kamera pengawas tersebut,” ujar Fitri.

Baca Juga: Cegah Angka Stunting, TP-PKK Kota Sukabumi Edukasi Remaja Pra Nikah

Lanjutnya, setelah pihak kecamatan mendengarkan alasan warga di RW tersebut untuk mengadakan CCTV itu, akhirnya diketahui faktor kebutuhan dan manfaat dari CCTV itu.

“Jadi urgensi dari pengadaan CCTV kami ketahui setelah adanya paparan dari beberapa RW yang menjelaskan hal itu. Dan akhirnya kami perjuangkan pengadaan CCTV itu ke tim P2RW Kota Sukabumi,” jelas Fitri.

Masih menurut Fitri, setelah melewati berbagai proses yang ada akhirnya rencana pengadaan CCTV dari dana hibah P2RW tahun 2022 disetujui. Yang kini juga sudah terpasang semua pada titik-titik yang di rencanakan.

“Memang sebelumnya belum pernah ada pengajuan sperti itu, karena biasanya pengajuan P2RW lebih dominan diusulkan untuk keperluan pembangunan fisik. Kini sudah terpasang, dan sangat bermanfaat bagi warga sekitar khususnya,” ungkap Fitri.

Baca Juga: Pasca Keracunan Massal, 19 Warga Citamiang Dilaporkan Kini Sudah Sehat Kembali

Sebagai Informasi, saat ini dana hibah P2RW pada tahun 2022 sudah dinaikan menjadi 25 juta Rupiah. Diharapkan dengan dana hibah stimulan tersebut, bisa dpergunakan untuk pembangunan di wilayah, yang memang tidak terakomodir dalam program pemerintah sektor lainnya.

“Kami tentunya dari pihak pemerintahan di tingkat Kecamatan Cikole, sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan warga pada 3 ke-RW-an tersebut. Kedepannya kami berharap langkah ini, juga bisa di replikasi oleh RW lainnya, yang mulai memanfaatkan teknolgi pada era digital untuk membangun wilayah,” tandas Fitri.

Sementara itu, Andi salah seorang warga yang berada di Kelurahan Gunungparang mengatakan, dirinya sangat mendukung adanya CCTV di wilayah domisilinya itu. Tentunya dengan kamera tersebut dirinya meyakini bisa lebih menjaga lagi wilayah, dan meminimalisir tindak kejahatan.

“Saya sangat mengapresiasi sekali inovasi yang ada ini,” pungkasnya. (Ardan/Wan/Mbi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.