SUKABUMI,Mbinews.id– Sejak diluncurkannya tahun lalu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Dikominfo) Kota Sukabumi, melakukan evaluasi terhadap Sistem Informasi Pemerintahan Online Kota Sukabumi (Simponi).
Hal itu tentunya, untuk memastikan seluruh pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi, telah menggunakan email resmi dan tanda tangan elektronik.
“Selain itu juga, evaluasi ini bertujuan pula untuk mengoptimalkan penggunakan Aplikasi Perangkat Administrasi Persuratan (Parasut) yang merupakan bagian dari Simponi,”ujar Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar. Selasa, (8/10/2024).
Rahmat mengungkapkan, dengan aplikasi Simponi, tugas pemerintah akan menjadi lebih efektif dan efisien. Keuntungan lain yang didapat, yaitu akan memperkecil penggunaan kertas.
Saat ii, kata Rahmat, pemanfaatan Aplikasi Parasut baru mencapai 70 persen. Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh perangkat daerah untuk segera menggunakan aplikasi yang diluncurkan sejak tahun lalu tersebut.
Pasalnya, dalam waktu dekat pihaknya merencanakan untuk mengganti penggunaan Aplikasi Besign untuk tanda tangan elektronik dengan aplikasi Parasut.
“Target tahun ini kita akan men – takedown Sanapati sehingga semua pindah ke Simponi – Parasut. Kami akan mulai dari OPD – nya dulu, baru kemudian ke cabang OPD seperti UPT. Kita akan migrasi dari Besign, karena ada beberapa kelemahan seperti tidak ada arsip dan kunci barcode,”pungkasnya.ardan/wan/mbi.