• TENTANG KAMI
  • PEDOMAN MEDIA CYBER
  • DISCLAIMER
  • REDAKSI
Rabu, Oktober 15, 2025
  • Login
mbinews.id
Advertisement
  • Home
  • Jabar
    • Bandung Raya
    • Cimahi & KBB
    • Cianjur
    • Bogor
    • Majalengka
    • Sukabumi
  • Sumut
  • Pemerintahan
  • Pendidikan
  • Ekonomi
  • Hukum
  • Nasional
  • Olahraga
  • Politik
    • Parlemen
  • Regional
  • TNI/POLRI
No Result
View All Result
  • Home
  • Jabar
    • Bandung Raya
    • Cimahi & KBB
    • Cianjur
    • Bogor
    • Majalengka
    • Sukabumi
  • Sumut
  • Pemerintahan
  • Pendidikan
  • Ekonomi
  • Hukum
  • Nasional
  • Olahraga
  • Politik
    • Parlemen
  • Regional
  • TNI/POLRI
No Result
View All Result
mbinews.id
No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Regional
  • Pemerintahan
  • Parlemen
  • Pendidikan
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Politik
  • Lifestyle
  • Ragam

NGULIK: Sekda Kota Bandung Sebut Pengaduan Bukan Hanya Angka Tapi Suara Warga yang Ingin Perbaikan atau Perubahan

Oktober 9, 2025 - 21:02:53
in Berita, Pemerintahan
NGULIK: Sekda Kota Bandung Sebut Pengaduan Bukan Hanya Angka Tapi Suara Warga yang Ingin Perbaikan atau Perubahan

Bandung || MBInews.id — Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Iskandar Zulkarnain menilai, para admin LAPOR! merupakan salah satu garda terdepan penyelesaian masalah di masyarakat. Berkat peran para admin, pengaduan masyarakat di Kota Bandung bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Zul, sapaan akrabnya mengungkapkan, selama tahun 2024 dari 953 pengaduan yang masuk, 100% telah ditindaklanjuti. Sedangkan pada semester I 2025, sebanyak 450 pengaduan yang masuk hingga 30 Juni juga 100% ditindaklanjuti.

“Rata-rata waktu penyelesaiannya 5,6 hari dari SOP 7 hari kerja,” papar Zul pada acara NGULIK (Ngobrol dan Diskusi Teknologi Informasi dan Komunikasi) secara daring, pada Kamis, 9 Oktober 2025.

BeritaLainnya

Pemkot Bandung Berkomitmen Tingkatkan Mutu Tata Kelola dan Pelayanan Program MBG

Erwin Nilai Penguatan Koperasi Merupakan Bagian Wujudkan Visi Bandung Utama

NGULIK kali ini mengangkat tema “Tingkatkan Pelayanan Publik melalui Penanganan Pengaduan”.

Sekda mengungkapkan, pengaduan yang paling banyak masuk terkait gangguan ketertiban umum (57 pengaduan), jalan rusak (38), lampu PJU (37), sampah menumpuk (23), serta pencemaran (19).

“Setiap pengaduan bukan hanya angka, tetapi suara warga yang menginginkan perubahan dan perbaikan. Oleh karena itu, tindak lanjut yang cepat, tepat, dan profesional adalah bentuk nyata pemerintah hadir bagi masyarakat,” tuturnya.

Untuk itu juga, Zul mengatakan, Pemkot Bandung terus memperkuat kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Humas Bandung, Prokopim, PPID, layanan darurat 112, dan admin media sosial OPD untuk mempercepat efektivitas layanan pengaduan.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kota Bandung, Radea Respati Paramudhita, menekankan pentingnya transformasi digital dalam pelayanan publik.

“Digitalisasi adalah sebuah keharusan. Saya mengapresiasi Diskominfo Kota Bandung yang aktif memanfaatkan kanal media sosial, website resmi, dan aplikasi LAPOR! untuk menampung aspirasi masyarakat,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Perwakilan Ombudsman Jawa Barat, Dan Satriana mengingatkan pentingnya penanganan pengaduan sebagai salah satu kunci peningkatan kualitas pelayanan publik.

Menurutnya, berbagai alternatif penyelesaian pengaduan dapat menjadi rujukan pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Di kesempatan yag sama, Kepala Diskominfo Kota Bandung, Yayan A Brilyana menegaskan, komitmen Pemkot Bandung untuk terus menghadirkan layanan publik yang transparan dan responsif.

“Kehadiran kita di sini menunjukkan komitmen bersama untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik, khususnya terkait layanan pengaduan dan aspirasi masyarakat di Kota Bandung,” ungkap Yayan.

Ia menjelaskan, saat ini terdapat 225 Admin LAPOR! dari seluruh OPD, Kecamatan, Kelurahan, BLUD, hingga BUMD yang berperan aktif menerima serta menindaklanjuti pengaduan masyarakat melalui Aplikasi SP4N-LAPOR!.

“Peran serta para admin ini sangat penting dalam mewujudkan pemerintahan yang berorientasi pada pemenuhan hak dan kebutuhan masyarakat,” ucapnya. *red

Tags: admin LAPORIskandar ZulkarnainNGULIKPengaduanSekda Kota BandungSuara Warga
Share216Tweet135

BeritaTerkait

Pemkot Bandung Berkomitmen Tingkatkan Mutu Tata Kelola dan Pelayanan Program MBG
Berita

Pemkot Bandung Berkomitmen Tingkatkan Mutu Tata Kelola dan Pelayanan Program MBG

Bandung || MBInews.id -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berkomitmen meningkatkan mutu tata kelola dan pelayanan Program Makan Bergizi Gratis (MBG)....

Oktober 15, 2025
Erwin Nilai Penguatan Koperasi Merupakan Bagian Wujudkan Visi Bandung Utama
Berita

Erwin Nilai Penguatan Koperasi Merupakan Bagian Wujudkan Visi Bandung Utama

Bandung || MBInews.id -- Sebanyak 151 pengurus Koperasi Kelurahan Merah Putih (KKMP) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Perkoperasian yang digelar Dinas...

Oktober 15, 2025
Wakil Wali Kota Bandung: Tak Ada Ruang Kompromi dengan Minuman Beralkohol Ilegal
Berita

Wakil Wali Kota Bandung: Tak Ada Ruang Kompromi dengan Minuman Beralkohol Ilegal

Bandung || MBInews.id -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menegaskan komitmennya untuk memperkuat pengawasan dan pengendalian peredaran minuman beralkohol di seluruh...

Oktober 14, 2025
Wujudkan Literasi Tanpa Batas, SMPN 35 Kota Bandung Dilengkapi Perpustakaan Digital
Berita

Wujudkan Literasi Tanpa Batas, SMPN 35 Kota Bandung Dilengkapi Perpustakaan Digital

Bandung || MBInews.id -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berkolaborasi dengan Centratama Group dan Human Initiative memghadirkan Perpustakaan Digital di SMP...

Oktober 14, 2025
Next Post
Pemkot Bandung Serahkan Dokumen Kependudukan Lengkap Kepada Ratusan Warga Rumah Deret Tamansari, Setelah 8 Tahun Tertunda

Pemkot Bandung Serahkan Dokumen Kependudukan Lengkap Kepada Ratusan Warga Rumah Deret Tamansari, Setelah 8 Tahun Tertunda

Wakil Wali Kota Bandung: Pemerintah Bertanggung Jawab Pastikan Pembangunan dan Tata Ruang Berjalan Efektif dan Berkelanjutan

Wakil Wali Kota Bandung: Pemerintah Bertanggung Jawab Pastikan Pembangunan dan Tata Ruang Berjalan Efektif dan Berkelanjutan

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recommended

Realme C11 2021 – HP Entry Level dengan Baterai Jumbo

Realme C11 2021 – HP Entry Level dengan Baterai Jumbo

Desember 10, 2021
Pos Indonesia Serahkan Bantuan TJSL untuk Gereja dan Masjid di Tarutung

Pos Indonesia Serahkan Bantuan TJSL untuk Gereja dan Masjid di Tarutung

Desember 18, 2022
DPRD Kota Bandung Sambut Baik Kerja Sama Bandung-Melbourne

DPRD Kota Bandung Sambut Baik Kerja Sama Bandung-Melbourne

September 7, 2022
Lewat Asuransi Usaha Tani Padi Pemdakab Bogor Tangani Dampak Kekeringan

Lewat Asuransi Usaha Tani Padi Pemdakab Bogor Tangani Dampak Kekeringan

September 28, 2023
No Result
View All Result
  • DISCLAIMER
  • Disclaimer
  • Home 1
  • Indeks
  • Kode Etik
  • PEDOMAN MEDIA CYBER
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy
  • REDAKSI
  • Sample Page
  • TENTANG KAMI

© 2023 MBINEWS - Design by MFCTeam.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In