banner 728x250

Wakil Wali Kota Sukabumi Buka Kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan Untuk UMKM

Wakil Wali Kota Sukabumi, Andri Setiawan Hamami, Saat Memberikan Sambutan PAda Kegiatan Penyuluhan Kemanan Pangan Bagi UMKM.
banner 120x600
banner 468x60

SUKABUMI,Mbinews.d– Kolaborasi antara Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi menjadi salah satu bukti keseriusan Pemerintah Kota Sukabumi memberikan pelayanan kepada pelaku UMKM dalam hal keamanan pangan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Wali Kota Sukabumi, Andri Setiawan Hamami, saat memebuka kegiatan penyuluhan keamanan pangan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Sukabumi. Kegiatan yang bertujuan meningkatkan pengetahuan produsen pangan industri rumah tangga (IRT) agar menghasilkan produk aman dan bermutu tersebut bertempat di ruang pertemuan Dinkes Kota Sukabumi. Kamis, (29/9/2022).

banner 325x300

Baca Juga: https://mbinews.id/2022/07/27/dorong-percepatan-ekonomi-sukabumi-kece-cetak-ratusan-wirausaha-muda-baru/

“Di sisi lain, pemerintah juga memberikan dorongan agar produksi IRT oleh para produsen benar-benar memperhatikan pengolahan pangan secara higienis. UMKM di Kota Sukabumi harus tumbuh, berkembang, dan naik kelas”ujar Andri. seperti dikutip di situs kdp.sukabumikota.go.id.

Pemerintah telah menerbitkan PP Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko. Dengan demikian, para pelaku usaha di daerah dapat mengajukan perizinan atau Nomor PIRT secara langsung sesuai dengan jenis pangan olahan yang dimiliki.

Baca Juga; https://mbinews.id/2021/06/22/anggota-dprd-kota-sukabumi-bersama-dkp3-serahkan-hibah-ketahanan-pangan-berbasis-keluarga/

“Sertifikat Produksi Industri Rumah Tangga merupakan komitmen produksi pangan olahan rumah industri rumah tangga untuk menjamin kualitas produksi. Hal ini sudah semestinya dimiliki oleh para produsen. Sertifikat PIRT setidaknya dapat menjamin keamanan, mutu, gizi dan label pangan olahan yang diproduksi untuk diperdagangkan dalam kemasan eceran,”katanya.

Baca Juga; https://mbinews.id/2021/10/12/pemkot-sukabumi-terus-kembangkan-umkm/

Selama ini, Pemerintah Kota Sukabumi telah melakukan pengawasan kepada para pelaku UMKM. Produsen Industri Rumah Tangga harus memenuhi aspek penting sebagai syarat penerbitan sertifikat. Pengawasan dilakukan oleh Dinas Kesehatan yang dapat mengakses perizinan, kondisi pelaku usaha terkait kepemilikan sertifikat.ardan/wan/mbi.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.