Rony Reynaldo Situmorang Berharap Gubernur Edy Rahmayadi Segera Tunjuk Plt Dirut Bank Sumut – mbinews.id
Sumatera Utara

Rony Reynaldo Situmorang Berharap Gubernur Edy Rahmayadi Segera Tunjuk Plt Dirut Bank Sumut

MEDAN, MBInews.id – Sudah berlangsung 2 bulan disoroti. Kini, anggota Komisi D DPRD Sumut, Rony Reynaldo Situmorang kembali angkat bicara atas kekosongan jabatan Direktur Utama (Dirut) Bank Sumatra Utara (Sumut). Karena, ia khawatir jika kekosongan jabatan itu terus berjalan akan sangat mengganggu kinerja bank plat merah tersebut.

Untuk itu, politisi NasDem ini berharap agar Gubernur Sumut Edy Rahmayadi segera menunjuk Plt dirut bank ini.

Hal itu disampaikan Rony Reynaldo Situmorang kepada wartawan di ruang kerjanya di Kantor DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol No 5 Medan. Jumat (4/6/2021).

“Ada tiga alasan mengapa Plt harus segera ditunjuk. Pertama agar ada yang mendorong dan mengawasi kinerja setiap direksi dalam mencapai target-targetnya. Kedua, agar ada yang bertanggungjawab dalam setiap kali pengambilan kebijakan yang strategis. Ketiga, agar ada komando yang mengkoordinir sehingga direksi tidak berjalan sendiri-sendiri”, sebut Rony.

Menurut Rony, pentingnya Plt ditunjuk secepatnya karena proses pemilihan dirut nantinya juga akan memakan waktu. Karenanya, sembari proses itu berlangsung, Gubernur Sumut Edy diharapkan segera menunjuk Plt sampai dirut defenitif terpilih sebagaimana hal yang dimaksud adalah sesuai dengan tatib atau AD/ART Bank Sumut.

“Kan tidak salah jika Plt ditunjuk, sembari menunggu hasil pemilihan dari OJK dan BI. Kalau nanti sampai 4 bulan tidak ada yang bertanggungjawab, berarti sudah sepertiga tahun berjalan kekosongan,” tegas politisi asal daearah pemilihan Simalungun ini.

Apalagi, sambung Rony, masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki di

Bank Sumut. Misalnya, non performing loan (NPL) bank ini yang masih tinggi. Begitu juga dengan bunga yang tinggi. Sementara gubernur menargetkan pemprovsu memiliki mayoritas saham di bank ini. Selain itu, bank ini juga akan IPO dalam waktu dekat. Juga diharapkan bank ini mengembangkan usaha di luar pemerintahan.

“Makanya saya berharap segera ditunjuk Plt dirut. Jangan nanti bila target-target itu tidak tercapai semua orang jadi menyalahkan gubernur. Sekali lagi saya selaku DPRD Sumut berharap  agar gubernur segera menunjuk Plt,” tandas Rony.

Untu diketahui, Direktur Utama (Dirut) Bank Sumut sebelumnya, Muchammad Budi Utomo, meninggal dunia di Rumah Sakit USU Medan, Sumatera Utara pada Kamis 15 April lalu.

Reporter : Sadar Laia

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button